oleh

Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Makassar Suarakan Semanagat Persatuan dan Kesatuan

-Makassar-641 Dilihat

GEMANEWS.Id,Makassar-Sejumlah pimpinan perguruan tinggi di Kota Makassar berkumpul di Gedung Rektorat Universitas Hasanuddin Makassar, sepakat menyatakan persatuan dan kesatuan demi keutuhan negara Republik Indinesia. (NKRI)

“Kami bersama seluruh pimpinan perguruan tinggi negri dan swasta di Sulawesi Selatan bersama kopertis wilayah sembilan , sepakat untuk memberi semangat persatuan dan kesatuan dalam rangka mepertahankan Negara Republik Indonesia” Kata Rektor Unhas Prof Dr. Dwia Aries Tina Palubuhu,MA. ( Senin 20 Mei 2019 ).

Demikan pula dalam wawancara singkat kepada sejumlah wartawan digedung rektorat unhas, Rektor Unhas Prof Dwia Pulubuhu pada intinya menekankan bahwa pihak kampus mengajak semua elemen untuk mengutamakan semangat persatuan dan persaudaraan .

Berikut pernyataan sikap disampaikan dari gedung Rektorat Unhas Makassar.

PESAN MAKASSAR
Himbauan Forum Pimpinan
Perguruan Tinggi Kota Makassar, Tentang , Perlunya Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa Demi Keutuhan NKRI.

Mencermati tujuan dan cita cita Negara Indonesia sebagaimana termaktub dalam Pembukaan
Dasar 1945 serta sejarah perjalanan bangsa Indonesia dimana para pendiri bangsa dari berbagai kelompok , golongan dan latar belakang sepakat bersama menetapkan pancasila sebagai pemersatu dari segala perbedaan.

Maka dengan ini, Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Kota Makassar menyatakan bahwa:

(1) Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur
adalah cita-cita bersama Bangsa Indonesia
(2) Menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan, yang disertai semangat persaudaraan
merupakan syarat mutlak dalam mewujudkan kedaulatan, keadilan dan kemakmuran
bangsa di tengah kemajemukan.
(3) Perbedaan pendapat dan sikap politik harus disikapi secara wajar selama bersifat rasional
dan proporsional serta berada dalam koridor negara hukum berdasarkan Pancasila dan
UUD 1945

4) Saatnya menunjukkan kepada dunia internasional bahwa bangsa indinesia adalah bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin. Pengalaman dalam berbihneka
tunggal ika, dalam bertoleransi serta dalam membangun persatuan dan kebersamaan
adalah bukti yang diakui dunia.

(5) Masa depan bangsa dapat dicapai jika seluruh anak bangsa menyatukan hati, pikiran dan tenaga untuk persatuan dan persaudaraan serta mengamalkan jati diri sebagai bangsa yang santun, berjiwa gotong royong dan toleran.

(6) Dengan energi kebersamaan, dan upaya terus memperkokoh kekuatan kolektif bangsa
serta menghindari menghabiskan energi dalam perselisihan dan perpecahan, maka bangsa indonesia akan percaya diri , berani bersaing dan berprestasi dalam persaingan dunia yang semakin terbuka dan kompetitip.

(7) Oleh karena itu, kami Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Makassar menghimbau kepada seluruh elemen bangsa Indonesia untuk senantiasa menjaga perdamaian, memgedepankan persatuan dan persaudaraan , bersikap saling menghargai terhadap adanya perbedaan serta selalu mengedepankan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi atau kelompok . Hal ini sejalan dengan upaya menghormati perjuangan dan pengorbanan serta amanat para pahlawan bangsa dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan dalam Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk-Nya kepada kita
semua, bangsa Indonesia, dalam menjaga kautuhan NKRI dan meneguhkan semangat bersatu dan bersaudara untuk membawa Indonesia menuju negara maju dan jaya.

Penulis : Asrul

Editor : Akbar Polo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *