oleh

Albert Ali Kabiay:Mengklarifikasi Tentang Kepengurusan DPD Gercin NKRI Papua

-Nasional-616 Dilihat

Gemanews.id — Jayapura — Dalam keterangan persnya, Sabtu, (08/06/2019), Albert Ali Kabiay mengatakan:
Pertama-sama, saya atas nama pribadi menyampaikan selamat merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah kepada senior dan rekan-rekan yang merayakannya.

Sebenarnya saya sudah lama ingin mengklarifikasi soal status saya dalam organisasi Gercin NKRI Provinsi Papua, namun situasi dan kondisi dan juga jelang pesta rakyat yang menjadi pertimbangan untuk mencari momentum yang tepat.

Kesempatan ini, mungkin saya nilai sebagai waktu yang baik untuk menjelaskan secara singkat bagaimana saya bergabung dan DINILAI, telah selesai bersama dengan organisasi yang kami ikut bangun serta gaungkan bersama-sama.

Saya bergabung dengan Gercin NKRI sejak setahun belakangan ini dengan Kakanda Hendrik Yance Udam (HYU), yang merupakan senior saya sejak kuliah.

Berangkat dari kesepahaman dan cinta kepada negeri ini, bagaimana mempertahankan perjuangan yang ada, dari nilai-nilai yang mulai terdegradasi, akhirnya saya bergabung dengan Gercin NKRI, yang intinya bagaimana menggaungkan nasionalisme untuk kita pemuda Papua.

Bagaimana merangkul (kaum muda) dan menangkal pemahaman kapitalis, radikal, teroris, separatis ataupun pemahaman lainnya di tanah Papua dan bahkan di Indonesia. Intinya, Papua sudah final dan bagian atau integral dari NKRI dan siap membangun mengejar ketertinggalan.

Bersama Gercin NKRI, banyak hal yang saya temui dan pelajari, termasuk semakin banyak kenalan dan relasi, mulai dari akar rumput hingga pejabat para pemangku kepentingan. Saya secara pribadi bangga dengan situasi yang
ditemui dan jalani.

Secara sadar atau tidak, saya dilatih dan diajarkan bagaimana belajar berorganisasi, bagaimana mengatur strategi sebagaimana marwah dari pembentukan organisasi ini. Namun, ditengah jalan, ternyata banyak kendala yang saya lihat dan temui, termasuk rekan-rekan di pengurus daerah.

Banyak hal yang tidak bisa terkomunikasikan dan terselesaikan dengan baik, bukan hanya pada tingkat provinsi bahkan di kabupaten/kota organisasi ini terlihat rapuh, atau lemah didalam dan kuat diluar.

Mengapa demikian? komunikasi dan koordinasi tidak jalan dengan baik. Singkatnya pada bulan Mei 2019 saya diminta untuk digantikan oleh rekan lainnya dalam tubuh Gercin NKRI hanya karena menggaungkan pemilu damai yang merupakan agenda nasional.

Saya kira sudah waktunya sebagai pemuda yang berjiwa besar, berjiwa nasionalis harus bersikap.

Hal ini juga sudah saya komunikasikan dengan rekan dan senior dalam grup WA ataupun dari sesepuh diluar grup, bagaimana saya harus bersikap dan bertindak. Saran dari mereka, saya harus sabar dan lebih legowo meski benar, cari momentum yang tepat untuk bersikap dan bertindak, dan saya kira inilah akhirnya.

Tapi ini bukan akhir dari segala kesamaan persepsi dan pendapat soal cinta kepada negeri ini. Saya akan terus berkarya meskipun tidak dengan perahu yang sama. Kata pepatah, masih banyak jalan menuju ke Roma, mungkin inilah yang akan saya lakukan demi NKRI.

Jadi, dengan demikian saya ingin mempertegas lagi bahwa dengan munculnya berita di media online tentang penggantian kepengurusan DPD Gercin NKRI Papua meski belum ada SK pemberhentian, saya ingin sampaikan bahwa saya bukan lagi Ketua Gercin NKRI Provinsi Papua. Saya digantikan meskipun tidak sesuai dengan AD/ART organisasi, saya memilih legowo dan berkarya dengan perahu lain.

Harapannya, klarifikasi ini jangan sampai jadi bahan perdebatan tetapi sebagai bahan masukan untuk saya bisa lebih berkarya memajukan Papua dalam bingkai NKRI. (fri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *