oleh

Kapolda Sulsel,Satpam merupakan salah satu mitra utama Polri dalam pemeliharaan kamtibmas Di Sulsel

-TNI-Polri-632 Dilihat

gemanews.id,Makassar-Kapolda Sulsel Irjen Pol Mas Guntur Laupe memimpin upacara HUT Satpam ke-39 di Lapangan Upacara SPN Polda Sulsel, Rabu (22/01/20). Nampak hadir para Pejabat Utama (PJU) Polda Sulsel beserta instansi terkait.

Dalam arahannya Kapolda Sulsel membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis yang juga mengapresiasi seluruh anggota satuan pengamanan di manapun bertugas “Semoga Satpam senantiasa profesional dalam bertugas dan eksistensinya semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ucap Kapolda Sulsel.

Selain Satpam, Kapolri juga mengapresiasi pimpinan badan usaha jasa pengamanan, pengurus asosiasi jasa pengamanan serta segenap stakeholder terkait lainnya atas kerjasama sinergis dalam memelihara stabilitas Kamtibmas yang kondusif.
Ditengah amanat, Kapolda Sulsel mengajak para peserta upacara untuk mengenang dan mendoakan Kapolri ke-8 sekaligus bapak Satpam Indonesia almarhum Jenderal Polisi (Purn) Profesor Dr. Awaloedin Djamin yang telah berjasa besar dalam membentuk mengembangkan dan memajukan Satpam sebagai sebuah profesi yang luhur dan mulia.

“Semoga kita sebagai generasi penerus dapat senantiasa meneladani meneladani Pengabdian perjuangan dan prestasi beliau dalam setiap pelaksanaan tugas teriring doa Semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah, Tuhan yang maha kuasa, amin ya Robbal alamin,” ucap Mas Guntur Laupe.
Lebih lanjut Kapolda memaparkan bahwa dalam pelaksanaan tugas di lapangan Satpam merupakan salah satu mitra utama Polri dalam pemeliharaan kamtibmas, Oleh karena itu setiap anggota Satpam harus memiliki kualifikasi dan kemampuan yang optimal dalam penanganan gangguan keamanan dilingkungan kerjanya.

Eksistensi Satpam juga berkontribusi besar mendukung program prioritas pemerintah khususnya dalam hal memberikan jaminan keamanan terhadap upaya transformasi ekonomi yaitu peningkatan investasi dan cipta lapangan kerja yang kondusif dengan demikian profesi Satpam memiliki peran strategis guna mendorong kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakat.
Berdasarkan uraian tersebut Kapolri menilai bahwa tema yang diangkat dalam peringatan Hut ke-39 Satpam ini sangat tepat yaitu “Satuan Pengamanan Berbasis Kompetensi Mewujudkan SDM Unggul untuk Terciptanya Situasi Kamtibmas yang Kondusif dan Terjaminnya Keamanan di Lingkungan Kerja Menuju Indonesia Maju.”
Tema tersebut juga selaras dengan kebijakan Presiden RI yaitu pembangunan SDM serta program prioritas Kapolri yaitu mewujudkan SDM yang unggul dan pemantapan harkamtibmas.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Kapolda menitipkan pesan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis kepada seluruh Satpam untuk dipedomani dan dilaksanakan, pertama, senantiasa jaga kesehatan dan perlihatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Allah.
Kedua, tanamkan kebanggaan dan kehormatan sebagai anggota Satpam dengan menjunjung tinggi profesionalisme dalam pelaksanaan tugas serta senantiasa memegang teguh kode etik dan profesi satpam.
Ketiga, tingkatkan kesiapsiagaan sehingga setiap gangguan keamanan di lingkungan kerja dapat ditangani dengan cepat dan tuntas. Keempat, terus tingkatkan kompetensi diri baik melalui pendidikan maupun pelatihan guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas.

Kelima, tingkatkan kerjasama sinergis dengan jajaran TNI-Polri, stakeholder lain dan berbagai elemen masyarakat guna memelihara stabilitas keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja serta gelorakan budaya penanaman pohon di lingkungan kerja dan sekitarnya guna mendukung program penghijauan dan pelestarian alam.

Diakhir Upacara Kapolda Sulsel Irjen Pol Mas Guntur Laupe memberikan penghargaan kepada 34 personil Satuan Pengamanan (Satpam) karena telah berhasil menunjukkan prestasi yang luar biasa, satu diantaranya berhasil menangkap pelaku curanmor yang berada diwilayah hukum Polrestabes Makassar.(**)