oleh

Bhabinkamtibmas Dan Babinsa Polsek Baraka,Gotong Royong Mendirikan Satu Rumah Panggung

-TNI-Polri-616 Dilihat

gemanews.id,Enrekang-Gelorakan semangat gotong royong, Bhabinkamtibmas Polsek Baraka Desa Pepandungan Brigpol Muh. Rijal bersama dengan Babinsa Serma Adama melaksanakan gotong royong mendirikan salah satu rumah panggung milik warga di Desa Pepandungan, Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang, Jumat (24/01/2020).

Nampak kebersamaan Bhabinkamtibmas dengan Babinsa Desa Pepandungan dan masyarakat begitu solid saat bergotong royong mendirikan sebuah rumah panggung milik warga. Suasana keakraban pun tak luput dari kegiatan tersebut. Hal seperti ini juga menjadi salah satu cara Polri mendekatkan diri dengan masyarakat.

Kegiatan kerja bakti ini juga untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kegiatan seperti ini, selain itu dengan kerja bakti juga untuk memupuk rasa kebersamaan dan silaturahmi antar warga sehingga terbina kerukunan dan rasa toleransi antar warga.

Dengan suasana gotong royong ini diharapkan dapat tercipta kemitraan antara aparat Polri dengan masyarakat, karena kemitraan dengan masyarakat merupakan langkah positif dalam menekan bahaya gangguan kamtibmas.
Kerja bakti dimaksudkan juga untuk bertemunya antar warga karena kesibukan sehari-hari, dalam kerja bakti ini kita dapat menikmati susana sambil bersenda gurau yang dapat menimbulkan kegembiraan dan keakraban antar warga.
Dalam kerja bakti para pejabat RT ataupun pemerintahan dapat memberikan semangat dan pengarahan dalam masalah kebersihan, sampah dan kebijakan pemerintahan. Hanya dibutuhkan kemauan/niat dari para pejabat pemrintah setempat untuk turun kelapangan.

Kapolsek Baraka AKP Saparuddin S mengataka, kerja bakti merupakan kegiatan yang tidak mengharapkan imbalan uang, dilakukan secara sukarela, hasilnya dapat dinikmati bersama-sama, dalam situasi sekarang ini memang sulit dilakukan karena kesibukan dan rasa egoisme dari pribadi.

“Kerja bakti merupakan sarana kebersamaan antar warga guna membantu tercapainya kenyamanan desa dengan melakukan pembangunan-pembangunan yang bermanfaat bagi desa bersangkutan,” Ungkap Brigpol Muh. Rijal.

Karena semua warga terutama pria berkumpul sedangkan ibu-ibu menyiapkan makan dan minum ala kadarnya, menjadikan rasa saling gotong royong dalam kerja bakti tersebut akan menciptakan kerukunan yang mungkin sulit dicapai pada kesempatan lain. Inilah momentum untuk membangun kerukunan antar warga.

Kapolsek Baraka juga menyampaikan bahwa selain menumbuhkan rasa gotong royong, kerja bakti dengan tujuan menjaga kebersihan lingkungan memiliki banyak manfaat.(**)