oleh

HPMM Enrekang Utara, Kontrol Pengelolaan Bantuan dan Dana Desa Untuk Penanganan Covid 19

-Sulselbar-413 Dilihat

Gemanews.id.Enrekang – Bantuan pemerintah dimasa pandemi covid 19 terus mengalir kepada masyarakat, namun demikian membutuhkan kontrol, agar bantuan untuk masyarakat ini tepat sasaran.

Terkait hal ini mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Pelajar Mahasiswa Massenrempulu (HPMM) Cabang Enrekang Utara, berinisiatif untuk mengawal dan mengontrol kinerja pemerintah desa yang ada di Enrekang Utara dalam hal mengelola bantuan dan dana desa yang dialokasikan untuk penanganan Covid-19.

Dalam sebuah konferensi pers yang dilaksanakan mengusung tema “Melibatkan Stakeholder dari Masyarakat Dalam Pengawalan dan Penanganan Covid-19” bertempat Di Kantor Desa Buttu Batu , Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang. Kamis ( 21/05/2020).

“Pandemi virus corona (Covid-19) ini dinilai telah menjadi perbincangan dunia, bahkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat sekitar Enrekang Utara. Termasuk memunculkan polemik terkait kebijakan maupun proses penyaluran bantuan oleh pemerintah. Saya selaku Ketua Umum HPMM Cababang Enrekang Utara periode 2020/2021 mewakili pengurus berinisiatif untuk mengawal dan mengontrol kinerja pemerintah desa yang ada di Enrekang Utara dalam mengelola bantuan dan dana desa yang dialokasikan untuk penanganan Covid-19,” ujar Sahril.

“Kami juga akan melakukan dialog untuk meminta transparansi anggaran dan keterbukaan informasi terkait dengan bantuan dan dana desa yang dialokasikan untuk pencegahan dalam rangka memutus rantai penyebaran virus tersebut,” Ujar Sahril.

Dalam Konferensi pers tersebut, pengurus HPMM Cabang Enrekan Utara menyampaikan pernyataan sikap kepada pemerintah desa di wilayah Enrekang Utara.

Adapun pernyataan sikap yang disampaikan adalah menuntut transparansi anggaran dana desa dan posko untuk pencegahan Covid-19 serta peran pemerintah desa dalam menyambut bantuan Covid-19.

Selain itu pengurus HPMM Cabang Enrekan Utara juga menuntut pelibatan mereka dalam rangka mengontrol pengelolaan dana desa serta penyelenggaraan dialog dengan mahasiswa.

“Kami berharap semoga kegiatan kami ini secapatnya ditanggapi oleh pemerintah desa dan apa yang menjadi harapan kami bisa tercapai melalui kerja sama antara mahasiswa HPMM Cabang Enrekang Utara dan pemerintah desa.” Kata Sahril.(**)