oleh

Pj Walikota Makassar Penyebaran Covid-19, Dapat Diatasi Apabila Masyarakat Konsisten Melaksanakan Protokol Kesehatan

gemanews.id,Makassar-Pj Walikota Makassar Prof Rudy Djamaluddin mengatakan mereka yang tidak memakai masker saat beraktivitas di tempat umum, tidak patuh menjaga jarak, dan tidak rajin menyuci tangan merupakan warga yang tidak mau membantu upaya perang melawan penyebaran Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan Prof Rudy Djamaluddin yang baru dilantik sebagai Pejabat Walikota Makassar 26 Juni 2020 saat berbincang dengan wartawan usai melaksanakan shalat Jumat, 3 Juli 2020 di mesjid Al Markaz Al Islami Jenderal M Yusuf di Makassar.

Penyebaran Covid-19, katanya, dapat diatasi apabila konsisten melaksanakan aturan protokol kesehatan yang sesungguhnya mudah dilakukan setiap orang yaitu senantiasa menggunakan masker, menjaga jarak, rajin menyuci tangan serta menjaga imun tubuh.
Dalam kaitan upaya penegakan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, Rudy menyebut tiga hal yang akan digencarkan Pemkot Makassar. Pertama, melakukan upaya edukasi tentang bahaya Covid-19 dan cara pencegahannya ke masyarakat. Kedua, melakukan langkah-langkah preventif, penyemprotan disinfektan, penyediaan kebutuhan tempat-tempat cuci tangan di ruang publik, serta upaya lain agar virus tak menyebar. Ketiga, upaya pengawasan agar semua pihak patuh terhadap aturan melaksanakan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Semua upaya akan dilaksanakan dengan melibatkan RT/RW yang ada di kota Makassar.

Rudy menyatakan optimis dengan kepatuhan segenap warga melaksanakan protokol kesehatan tersebut, angka pertambahan positif Covid-19 khususnya di kota Makassar dapat segera menurun.
“Sekarang tidak lagi perlu terlalu banyak bicara, tetapi bagaimana dapat segera melaksanakan protokol kesehatan itu sehari-hari selama masa pandemi Covid-19,” katanya

Penulis : MahajiNoesa