oleh

Gubernur Sulsel NA Resmi Melantik Bupati Dan Wakil Bupati Maros Pilihan Rakyat

-Sulselbar-508 Dilihat

gemanews.id-Maros-Bupati dan Wakil Bupati terpilih Pilhan Rakyat Maros Kabupaten Maros secara resmi dilantik oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah melantik Bupati dan Wakil Bupati, H.A.S Chaidir Syam Suhartina Bohari,yang merupakan pemenang Pilkada Kabupaten Maros tahun 2020 lalu. Pelantikan dilaksanakan di Baruga Pattingaloang Rumah Jabatan Gubernur Sulsel pada Jumat 26/2/2021

Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Maros dilantik bersama 10 Bupati Kabupaten kota lainnya di Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya, Nurdin Abdullah mengatakan bahwa terdapat perubahan gerakan acara. Menjadi penandatanganan berita acara dan sumpah serta fakta integritas kemudian dilanjutkan dengan pemasangan tanda pangkat dan jabatan.

“Dari 12 daerah berpilkada, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara akan dilaksanakan secara terpisah pada 31 Maret mendatang. Hal ini disesuaikan dengan masa akhir jabatan bupati,” Ungkap Nurdin Abdullah.

Pelantikan mendapat pantauan langsung pihak Kemendagri memastikan acara dilakukan mengikuti protokol kesehatan ketat di tengah pandemi Covid-19.

Konsekwensi yang harus diterima Kepala Daerah yang terpilih pada Pilkada 9 Desember 2020 lalu, ialah masa jabatannya harus dipersingkat, maksimal 3,5 tahun, mengingat pada 2024 mendatang, sesuai mekanisme UU Pemilu 2017–yang batal direvisi–Pilkada serentak akan kemblali digelar.
Bupati Kabupaten Maros, H Andi Syafril Chaidir Syam, tidak mempersoalkan jabatan yang diembannya dipersingkat hingga 2024(**)