oleh

Kegiatan Literasi Al Quran di UPT SMAN 14 Bone

Gemanews.id-Bone – Ratusan Peserta didik yang tergabung dalam rangkain Kegiatan Literasi Al Quran Via Virtual yang digelar oleh UPT SMAN 14 BONE. Kegitan ini adalah salah satu bentuk inovasi yang secara berkelanjutan.

Ini digelar setiap jumat baik secara luring dan daring berdasarkan prokes standar selama COVID- 19

Kegiatan ini dipandu oleh WakaseKur Drs.Suparman, dan dibuka oleh Kepala Sekolah UPT SMAN 14 Bone Drs.Mubarak.
Dalam sambutannya pak Mubarak menyampaikan syukur dan berbangga karena program literasi Al Quran ini semakin inovatif yang berbeda dari sebelumnya dengan menghadirkan Alumni yang yang bertalenta dalam bidang keislaman yaitu Tilawah dan Tausiah.

“Ini diisi oleh dua Alumni terbaik Sekolah ini, yakni Penceramah yang sudah menjadi Dai Profesional yakni Abd.Majid,S.Sos.I.,M.Si kandidat doktor ilmu Komunikasi UGM yang juga Dosen pada Fakultas Sastra dan Ilmu Komunikasi UMI Makassar, Ananda majid ini yang selesai di SMAN 14 Bone tahun 2O01 dan pembaca Tilawah Jusmiana, S.Pd yang juga Alumni yang berprestasi sebagai Guru SMA di Kabupaten Wajo Alumni yang selesai tahun 2005,” katanya.

Mubarak juga merintis program literasi Al Quran ini menyampaikan tujuannya menghadirkan Alumni untuk memotivasi kemampuan Softskill dan karakter keislaman siswa.

“Saya juga bangga dengan keberadaan Alumni SMAN 14 sangat besar konstribusinya pada pengembangan dan mutu kualitas SMAN 14 Bone dan terus menambah reputasi siswa dimasa yang Akan dating,” paparnya.

Dalam Taushiah Abd Majid, S.Sos.I.,M.Si yang juga Wakil Dekan III FS UMI ini membakar semangat peserta didik untuk tetap Istiqomah mempelajari Al Quran dan mengamalkan dalam kehidupan termasuk menghubungkan dengan nilai Ilmu pengetahuan yang dipalajari saat ini.

“Siapapun kita, apapun profesi dan dimanapun kita mari jangan pernah bosan berpesan dalam kebaikan, terus menyambungkan gagasan cerdas dan realitas, menduniakan nilai-nilai melalui Literasi Alquran, terus mengolah qalbu, fikiran dan rasa untuk terampil membaca, memahami pesan atau risalah yang terkandung dalam Alquran, memahami tujuan-tujuannya, riwayatnya dan tafsirannya serta memahami makna ayat yang dibaca termasuk dalam pendidikan akhlakul Karimah,” kata kata WD III Sastra UMI Makassar Abdul Majid, Jumat (15/4/2022).

Majid Mengajak Peserta literasi Quran agar jangan melewatkan bulan Ramadhan ini tanpa memperoleh peningktan kadar keimanan dan nilai ilmu dan amal yang berlipat ganda yang semkin mencerdaskan diri siswa menjadi karakkter manusia yang istiqomah, jujur taat dalam beribadah kepada Allah SWT ditengah terjangan persoalan hidup dimasa yang akan datang.

“Kita harus berbenah dan berubah dan berdaptasi Hidup didunia harus ada investasi Amal ibadah yang dipersiapkan untuk menentukan posisi kesuksesan kita di dunia dan dihari kemudian, diakhir tausiah majid menejaskan bahwa tantangan pasca Ramadhan 1443 ini adalah semakin gencar iblis dan bala tentaranya berkampanye untuk menyesatkan manusia dari jajanan kebohongan, kemunafikan, iri dengki, fitnah hasut, ujaran kebencian dan Hoax di era digital,” paparnya.

“Kesesatan yang akan menggelapkan hati , pikiran dan perilaku semua kalangan yang bisa jadi menghambat rezeki, kesuksesan dan menodai persaudaraan umat Islam, namun demikian, Tuhan tetap akan membuka pintu taubat kepada siapa saja hambanya yang bertaubat dan memperbanyak istiqfar dalam kehidupannya,” meneruskan.

Majid menghimbau agar mari saling memaafkan, diantara kita, agar hidupkan semakin damai dan tentram, mari merajuk silaturahmi terus menerus sebagai kunci kesuksesan diera yang semakin modern saat ini.