oleh

Akhirnya Kades Bonto Manurung Kec Tompobulu Maros di Jobloskan Kelapas Wanita Kelas II A Sungguminasa

Gemanews.id-Maros-Sekian Lama menghirup udara akibat penangguhan penahanan Oleh pihak terkait, Akhirnya Akhir Kades Desa Bonto manurung kecamatan Tompo bulu kabupaten maros kembali di Jobloskan   di lembaga pemasyarakatan (Lapas) perempuan kelas ll.A sungguminasa.Senin (6/6/2022).

Berdasarkan keputusan Pengadilan Makassar, Kades Desa Bonto Manurung Kecamatan Tompo Bulu Maros telah terbukti melanggar undang udang tindak pidana korupsi anggaran ADD1,4 Milyar, sehingga dirinya dijatuhkan vonis hukuman sesuai undang undang dan ketentuan yang berlaku.

Kades desa Bonto manurung kini mendekam di lapas perempuan kelas II.A sungguminasa untuk menjalani hukuman bandan yang di telah ditetapkan oleh pengadilan tinggi makassar.

Kasi Intel kejaksaan Maros ,Raka buntasing panjoko SH, MH.yang di hubungi via Whatsappnya oleh media online gemanews.id Membenarkan telah melakukan penahanan terhadap kades Bonto manurung Suriani di lapas wanita kelas II.A sungguminasa.

“Telah di laksanakan eksekusi terhadap
terpidana SN atas putusan Pengadilan Nomor : 20/PID.SUSTIPIKOR/2022/PN.MKS.
Dengan amar putusan sebagai berikut :

Menyatakan Terdawa Suriani, terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah
melakukan tindak pidana “Korupsi” sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 3 Jo Pasal 18 Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang – undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, “kata Raka.

Dalam dakwaan subdair, Menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa Suriani, dengan Pidana selama 2 (Dua) tahun, 8 (Delapan) bulan dan denda sebesar Rp. 100.000.000,- (Seratus juta rupiah), dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 2 (Dua) bulan, Menjatuhkan pidana tambahan terhadap terdakwa Suriani, berupa pembayaran uang pengganti sebesar
Rp. 958.181.581,06- (Sembilan ratus lima puluh delapan juta seratus delapan puluh satu ribu koma nol enam rupiah), jika terdakwa tidak membayar uang pengganti selama 1 (Satu) bulan setelah putusan pengadilan memperoleh kekuatan hukum tetap, maka harta bendanya dapat disita oleh penuntut umum dan dilelang untuk menutupi Uang pengganti tersebut, ” jelasnya.

“Dalam hal terdakwa tersebut tidak mempunyai harta benda yang mencukupi
untuk membayar uang pengganti, maka diganti dengan pidana penjara selama 1 (Satu) tahun dan 6 (Enam) bulan, Menetapkan uang titipan terdakwa sebesar Rp. 450.000.000 (Empat ratus lima puluh juta rupiah) tersebut diperhitungkan sebagai uang pengganti.”tutup Raka.

Terpisah Wakil ketua DPP Gempar Muh Sidik mengapresiasi Kinerja Kejari Maros telah menahan kembali Pelaku korupsi ADD,1,4 Milyar Sesuai Putusan Pengadilan Tipikor Makassar

Muh Sidik selaku Wakil Ketua Umum DPP Gempar Juga Sangat berterima kasih kepada PN Makassar yang memutuskan bahwa tersangka korupsi ADD,14 milyar dan pihak Kejari Maros telah menahan Suriani hari ini di lapas lapas wanita kelas II.A sungguminasa.

Penulis, Akpol