oleh

Universitas Bosowa Sejahterakan Masyarakat Lewat Konsep Agribisnis Peternakan

Gemanews.id-Sidrap-Universitas Bosowa dalam tahun 2022 tak berhenti mengimplementasikan Tridharma Perguruan Tinggi pada unsur Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Dalam kegiatan pengabdian ini, Tim Dosen melaksanakan PkM melalui Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM). Pelaksanaan program tersebut di Desa Bulo Kecamatan Panja Rijang Kabupaten Sidrap.

Ketua Tim Pengabdi yakni Dr. Sukmawati, SE., M.Si saat dihubungi (Senin, 3/10/2022) menyampaikan bahwa tujuan dari program PkM ini untuk memperkenalkan konsep agribisnis peternakan yang mencakup semua usaha peternakan . Mulai dari hulu sampai hilir peternakan (mulai dari pengadaan bibit sampai pemasaran produk) yang bertujuan utk meningkatkan kesejahteraan peternak unggas, baik secara mandiri maupun bekerjasama, ungkapnya. Sementara Dosen yang terlibat dalam program ini 4 (empat) orang diantarnya, Dr. Ir. Asmawati, MP selaku anggota dari Fakultas Peternakan, Dr. Herminawaty Abubakar, SE, MM, CSBA selaku anggota dari FEB, dan Dr. Muhtar, SE, MS.i selaku anggota dari FEB, ucapnya

Dekan FEB Unibos yakni Dr. Herminawaty Abubakar, SE, MM, CSBA yang juga sebagai anggota mengungkapkan jika implementasi program PkM lebih memfokuskan sosialisasi, pembinaan, dan pendampingan peternak unggas dalam bidang produksi, keuangan, SDM, dan pemasaran. Hal ini penting dilakukan dalam rangka menciptakan ruang kesejahteraan bagi peternak unggas di Kabupaten Sidrap dan mampu menyerap tenaga kerja yang lebih banyak, ungkapnya.

Pada kesempatan lain, Kepala Desa Bulo yakni Andi Rifai, SH menyampaikan jika konsep agribisnis merupakan metode yang digunakan dalam memberdayakan potensi desa untuk kesejahteraan masyarakat di Desa Bulo. Hal ini dapat kami dapatkan dengan adanya program ini karena selain Dosen dan Mahasiswa, juga melibatkan aparat dan masyarakat desa melalui mitra program, tutupnya.

Sementara Aan Marwan dan H. Launding selaku mitra program mengungkapkan jika kegiatan ini sangat memberikan dampak karena Konsep agribisnis sangat berguna bagi peternak dalam mengelola dan mengembangkan usaha peternakan unggas menggunakan teknologi, terangnya.(**)