oleh

Debit Air Sungai Baddo Ujung Meluap Akibat Hujan Lebat, Jalan Poros Makassar Masale Tompo Bulu Maros Banjir

Gemanewa.id-Maros-Hujan lebat sehari melanda Kecamatan Tompo bulu Maros di Jalan Poros yang menghubungkan berapa desa kec. Tompo bulu maros dari Ara Makassar Maros Tertutup Berapa Jam.Debit Air Meluap naik Banjir menutupi jalan poros masale Makassar Maros minggu Sore.26/12/2021.

Kejadian ini terjadi Sungai Jongoa  dusun Baddo ujung Desa Tompobulu kec Tompobulu Maros. Akibat debit Air Meluap dari sungai besar yang mengalir. Dari ulu sungai desa Bonto somba perbatasan Gowa Maros ke Bendungan mengalir luapan sepanjang sungai ke Lekopancing dan jembatan besar kota maros.

Dampak dari itu banjir  jalan Poros Masale Makassar Maros Tertutup sementara, Sehingga menghambat Pengguna jalan roda dua dan empat yang Ingin melewati jalan tersebut. Mereka harus menunggu berapa lama Sampai Air Sungai Meluap Menutupi jalan sampai surut. Setelah itu mereka bisa melanjutkan perjalanan menuju 4 Desa, seperti Bonto Manai dan Bonto Matinggi Bonto Manurung Bonto somba Kec Tompobulu maros Sulsel.

Dari Pemantauan wartawan gemanews.id “Kondisi Jalan yang terluap banjir hingga menutupi jalan dari luapan air sungai sudah mulai normal kembali. Sudah mulai Lancar Arus lalu lintas sudah tidak macet lagi.”

Menurut Ilyas Rabba warga sekitar yang ditemui gemanews.id “Banjir yang menutupi jalan poros masale Makassar Maros Sudah sering terjadi tiap tahun, Setiap musim Hujan datang, sudah Pasti air besar sungai ini meluap naik ke jalan Poros

 

Warga sekitar lainnya yang resah atas meluapnya banjir juga berharap kepada pemerintah kabupaten maros serta pada balai Sungai Jeneberang untuk mencari jalan keluar. Supaya setiap musim hujan datang, Air sungai tidak lagi meluap naik ke jalan raya menghambat perjalanan masyarakat dan tidak lagi membanjiri sawah petani yang ada dekat Sungai tersebut.(**)