oleh

Begal Kian Marak di Sejumlah Daerah, BPPI Sulsel Minta Aparat Hukum Tindak Tegas 

Gemanews.id-Makassar –Aksi kejahatan jalanan geng motor atau begal kian marak di Kota Makassar dan sejumlah daerah di Sulawesi Selatan dibuat keresahan masyarakat.

Saat ini Maraknya kasus kenakalan remaja berupa “pembusuran” atau menggunakan anak panah di beberapa lokasi Makassar, kabupaten Bantaeng, Gowa, Takalar dan Maros selama tahun 2022.

Samsul Hadi, SH, MT-ALC Ketua LSM BPPI Sulawesi Selatan menyoroti maraknya kriminal tersebut sehingga perlunya ada tindakan tegas oleh aparat hukum setempat.

“Tentu kita prihatin kejadian tersebut. Kita harap aparat kepolisian fokus menindak tegas pelakunya,”ungkap Samsul kepada gemanews.id.

Tak kalah penting dan urgen menyikapi fenomena sosial yang mengarah pada ” kriminalisasi sosial ” adalah peran para orang tua, tokoh agama, pendidik serta ahli psikologi sosial. Dikatakan perlunya kajian konfrehensif sedalam dalamnya kenapa perangai masyarakat ( khususnya kalangan remaja – anak muda) cenderung brutal dan mudah menyerang orang lain.

Fenomena munculnya  geng motor dan kelompok kelompok yang suka membikin onar, perlu ditengarai dan diusut tuntas akar persoalannya kenapa seakan menjadi trend yang berulang dari tahun ke tahun.

Peran para Tokoh Masyarakat dan Ahli sosial ( Psikologi massa) perlu ditingkatkan agar kehidupan sosial masyarakat kembali berjalan normal sesuai kaidah sosial, hukum serta nilai nilai adat ketimuran yang selama ini dikenal santun, ranah, bergotong royong dan taat hukum baik hukum positif maupun hukum agama.

Samsul Hadi,SH MT-ALC yang juga Relawan masjid Indonesia ini mengapreasiasi Penanganan sigap dari aparat Kepolisian dalam menindak setiap kejahatan, termasuk terhadap pelaku pembusuran, begal dan kriminal lainnya.

Dengan bersinergi antara aparat kepolisian , Pemerintah daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama, orang tua, pendidik serta ahli psikologi sosial niscaya akan lebih mudah mengurai persoalan sosial sekaligus mencari solusi penjelasannya.

“Sehingga tercipta tatanan kehidupan masyarakat yang tertib , aman dan damai. Saya kira itu harapan kita semua,”ujarnya.(Tim)

Post Terkait