oleh

Aliansi Masyarakat Tanggap Bencana Kab Maros Organisir Donasi Warga Untuk Gempa Sulbar

-Sulselbar-90 views

GemaNews.id, Maros- Maraknya kejadian bencana alam baik natural disaster maupun human disaster, disambut oleh sejumlah aktivis ornop Maros yg tergabung dalam Aliansi Masyarakat Tanggap Bencana – Siaga Maros dengan upaya penggalangan donasi dari warga untuk warga.

Siaga Maros terbentuk sejak 2017 lalu, menilai kondisi Indonesia umumnya dan Maros khususnya adalah wilayah dengan segudang daftar kerawanan bencana.

“Hal tersebut tentu saja membutuhkan semangat gotong royong untuk dapat memberikan bantuan secara maksimal bagi para penyintas bencana,” tutur Arfan Koordinator Relawan Siaga Maros, Selasa (19/01).

Melalui penggalangan donasi warga bantu warga ini korban gempa Sulbar, kami berharap dapat menumbuhkan kepekaan sosial dan tentu saja kesiapa siagaan bagi warga Maros dan sekitarnya tentu saja bagi anggota siaga sendiri. Sambung Arfan.

Selama kegiatan berjalan tim penggalangan dana SIAGA telah mengumpulkan donasi tunai sebesar 10 juta rupiah dan sejumlah donasi barang senilai 15 juta rupiah yang bersumber dari penggalangan door to door oleh sejumlah jaringan pemuda kampung, penggalangan dana jalan juga sejumlah warga yg mengantarkan langsung paket bantuan ke Posko Siaga Maros yang beralamat di jalan Sultan Hasanuddin No. 17, Kelurahan Turikale, Kec. Turikale.

Donasi tersebut sebagian telah digunakan untuk operasional tim relawan siaga yg diberangkatkan untuk aksi tanggap darurat gempa Mamuju sebagai Tim Relawan.
Dalam waktu dekat, tim Relawan Siaga akan kembali mendistribusikan bantuan bagi penyintas terdampak gempa di Sulbar. Juga mengalokasikan donasi untuk agenda siaga banjir Maros yg rutin dilaksanakan Setiap tahun.

Ditanya terkait harapan dari gerakan donasi warga bantu warga,

“Pertama Kami berharap bagi seluruh warga Maros yang tinggal di daerah rawan bencana agar selalu tanggap dan waspada, kedua, untuk warga yg tidak terdampak dan memiliki kemampuan secara ekonomi agar dapat menyisihkan rezki untuk saudara saudara kita terdampak bencana,” jawab Arfan. (**)

News Feed