oleh

Rocky Gerung Kunjugi Posko Relawan Appi Rahman, Bahas Sejarah Buton dan Pilkada Makassar

-Politik-484 Dilihat

Gemanews.id-Makassar-Di tengah padatnya agenda ke kota Makassar, Rocky Gerung mengunjungi salah satu posko komunitas relawan Appi -Rahman, yakni Kerabat Buton For Appi Rahman.

Dalam kunjungan ke posko Kerabat Buton yang bertempat di kompleks perumahan Sudiang Permata, pada Sabtu (21/11/2020) sore, Rocky diterima langsung oleh Ketua Kerabat Buton For Appi-Rahman, La Ode Muhammad Syafal, bersama beberapa pengurus relawan orang Buton untuk Appi-Rahman.

Syafal merasa sangat bahagia dikunjungi seorang tokoh nasional seperti Rocky. Menurutnya, pertemuan itu tidak direncanakan dan menjadi kejutan tersendiri.

Dalam kesempatan itu, Rocky berdiskusi tentang sejarah politik kesultanan Buton. Dia memuji sistem politik Kesultanan Buton (Wolio) yang telah lebih dulu menerapkan model pemilihan demokratis. Meskipun Sultan Buton tidak dipilih secara langsung oleh masyarakat, tetapi dipilih melalui lembaga perwakilan yang disebut Siolimbona.

Selain itu, Rocky juga memuji sejarah lahirnya kerajaan Buton yang raja pertama dan keduanya adalah perempuan. Dia menilai, isu gender di Buton, pada masa itu, sudah maju. Seharusnya hal itu menjadi pelajaran di masa kini.

“Jadi sistem politik kerajaan Buton itu sudah lebih maju dari Eropa dan barat, khususnya dalam hal gender di arena politik, ” demikian diucapkan Rocky yang ditirukan oleh La Ode Syafal.

Ketua Kerabat Buton itu mengungkapkan bahwa Rocky sangat mengetahui sejarah kerajaan dan kesultanan Buton. Selain membahas tentang sejarah, menurut Syafal, mereka juga mendiskusikan tentang dinamika pemilihan wali kota Makassar.

Bagi Rocky, mengutip Syafal, calon pemimpin yang harus didukung adalah yang tidak sekedar mengumbar janji tanpa bukti, tetapi betul-betul membawa harapan baru dan membuktikan harapan tersebut saat terpilih.

” Diskusi kami dengan Pak Rocky tadi sangat berisi. Kami mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan baru. Malah Pak Rocky membahas sejarah Buton dan pemilihan wali kota Makassar. Beliau berharap, calon wali kota yang terpilih adalah yang terbaik untuk warga Makassar ” ungkap Syafal.

Rocky Gerung memang sudah tidak asing dengan warga Buton. Dia pernah diundang untuk memberikan kuliah umum di Universitas Dayanu Ikhsanudin di Baubau, Buton, pada Oktober 2019 lalu.