oleh

Maket Summarecon Mutiara Makassar Gunakan Konsep KA Elevated, Senada dengan Walikota Makassar

Gemanews.id,MAKASSAR- Pembangunan Rel Kereta Api Parepare – Makassar akan membentang diatas kawasan New City Summarecon Mutiara Makassar yang telah di pasarkan sejak tahun 2018 lalu.

Berdasarkan maket miniatur kawasan Summarecon Mutiara Makassar yang di pasarkan sejak tahun itu (2018), kawasan ini akan dilalui oleh Rel Kereta Api dengan konsep melayang.

Hal ini dibenarkan oleh Akbar salah satu calon user Summarecon Mutiara Makassar, saat berkunjung ke kantor marketing, Rabu (10/08/2022).

“Saya tadi tanya marketing, memang ada jalur rel kerata api di kawasan ini yang konsepnya melayang,” Kata Akbar

Akbar mengaku bingung dengan konsep Elevated pada kawasan ini, sementara jika mengacu pada proyek strategis nasional yang di jalankan oleh Balai Pengelolaan Kereta Api (BPKA) Sulawesi Selatan (Sulsel) berbeda dengan konsep Summarecon Mutiara Makassar yang di pasarkannya.

“Kan kalau dilihat di media akhir akhir ini, yang ada adalah pembangunan rel kereta api at gradet atau diatas tanah bukan melayang. jadi saya masih bingung ini, mana yang betul nantinya, apakah tetap melayang atau diatas tanah,” Kata Akbar.

Sekadar diketahui bahwa pemerintah provinsi Sulsel telah melakukan penetapan lokasi pembebasan lahan yang akan dilalui jalur kereta api Makassar-Maros (Segmen E). Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur Sulsel Nomor: 1530/VII Tahun 2022 tentang Penetapan Lokasi Pembangunan Jalur Kereta Api Makassar-Parepare (Segmen E).

Jika rencana proyek pembangunan kereta api ini berlanjut dengan konsep at grade, maka Ada sekitar 83 hektare lahan yang harus dibebaskan, termasuk lahan terbesar yang dimiliki oleh pengembang kawasan New City Summarecon Mutiara Makassar di Kelurahan Bulurokeng, Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar akan dibebaskan.

Meskipun mendapat penolakan dari Walikota Makassar dengan konsep diatas tanah yang menginginkan konsep Elevated, pemerintah provinsi dan BPKA akan tetap melanjutkan karena sifatnya proyek strategis program Pemerintah Nasional wajib di jalankan oleh pemerintah kota Makassar.

Sedang daerah lain seperti Pare-pare Barru Pangkep Maros Menjelaskan konsep at grade atau jalur rel darat,seperti yang terjadi diberapa daerah tersebut sudah berjalan.