oleh

Gerakan Cepat TP PKK Sulsel, Salurkan Sembako Lima Belas Kecamatan Di Kota Makassar

Gemanews.id.Makassar-Corona Virus Desease ( Covid-19) yang sangat menyita perhatian publik bahkan seluruh stekholder, sibuk memimirkan untuk memutus mata rantai covid-19 ini.

Perihal ini pula sangat menjadi perhatian oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan dengan turut serta mengambil peran dalam upaya memutus mata rantai covid-19. Tim Penggerak PKK Sulsel hadir di tengah tengah masyarakat memberi perhatian penuh kepada warga tak mampu yang terdampak dari wabah covid-19.

Ditemui di Gedung PKK Sulel, 15/4/2020, Koordinator Penyaluran Bantuan, Penanggulangan Dampak Covid-19. PKK Sulsel, yang juga adalah Sekretaris TP.PKK Sulsel, Zulfitriany Dwiayanti, SP.MP. menyatakan bahwa PKK telah membentuk Gerakan Cepat Tanggap Ketersediaan Pangan dan Percepatan penanggulangan kesehatan masyarakat. Terebtntuk sejak tanggal 28 maret 2020, bersamaan saat kondisi Di Makassar mulai di Berlakukan larangan keluar rumah, sehingga Ibu Lies F Nurdin Gebernur ( Ketu TP.Penggerak PKK Sulsel ) mempercayakan kepada kami untuk menyusun langkah langkah startegis,
untuk bagaimana membantu masyarakat, sehingga kami dari PKK melakukan koordinasi dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sulsel, kemudian Inspoktorat Porvinsi dan Dinas Sosial, akhirnya kita menemukan jalan keluar kerjasama dengan Dinas Sosial untuk menyalurkan bantuan pada 15 Kecamatan yang ada Di Kota Makassar. Menurut Zulfitriany Dwiayanti, Jumlah alokasi bantuan sembako ini adalah 300 warga per kecamatan dengan sisitem pembagiannya diambil langsung oleh pihak kecamatan untuk disalurkan pembagiannya kepada mereka masyarakat penerima, agar bantuan ini tepat sasaran.

Untuk lebih menjamin suksesnya kegiatan Ibu Lies F Nurdin “kami menbentuk tim khusus untuk melakukan pendataan dan setelah itu disesuaikan dengan data Dinas Sosial Kota Makassar , sehingga benar benar penerima bantuan adalah warga tak mampu atau warga miskin yang memang telah terdata sebagai warga miskin”. Jelasnya.

Untuk saat ini menurut Zulfitriyani telah tersalur sebanyak 10 Kecamatan Di Kota Makassar dan akan menyusul di lima kecamatan berikutnya.
“alhamdulillah bantuan itu telah di cek oleh tim kami dan telah sampai ke masyarakat penerima, pembagian sembako ini mulai dilaksanakan tangga 7 April 2020, pembagian diawali mulai dari Kecamatan Rappocini hingga kesepuluh Kecamatan. Insya allah jumat 17 April akan menyusul lima Kecamatan Kec.Wajo , Sangkarran dan yang laninnya. Jelasnya.

Tentang alokasi sumber anggaran ini menurut Zulfitriyani selaku koordintaor, adalah anggaran penanggulangan Covid-19 yang dikelola oleh Dinas Sosial Provinsi dan PKK dalam posisi ini adalah membantu menyalurkan bantuan kepada masyarakat. Selain pembagian di lima belas kecamatan Di Kota Makassar, ” kami juga telah berkunjung ke Pasar Terong Makassar dan langsung membagikan masker kepada masyarakat. Menyusul pembagian selanjutnya akan dibagikan dari jumlah masker sebanyak lima ribu yang akan dibagikan TP.PKK Sulel. Jelasnya.

Lanjut Zulfitriyani menyampaikan himbauan dari Ketua TP.Penggerak PKK Sulsel , “Pesan dari Ibu Ketua PKK Lies F Nurdin, sangat mengharapkan bantuan seluruh masyarakat untuk tinggal di rumah sebagai upaya memutus mata rantai penularan covid-19, beliau juga menagnjurkan untuk wajib memakai masker” Kata Ijul.

Terkait sejumlah program penangan Covid ini, Sektretaris TP.PKK Sulsel ini, yang juga adalah dosen pertanian Politeknik, juga paham dengan mikrobioligi, sedikit menyapaikan tips untuk antisipasi tentang virus corona,
“Jadi untuk penyebaran wabah covid ini, memang gampang sekali penyebarannya , dia itu sebenarnya adalah mahluk hidup yang terkecil dan semua tubuhnya terselubuung dengan protein, kenapa kita disuruh cuci tangan karena anggaplah itu protein adalah minyak. Jadi ketika di kasih sabun maka protein itu akan hilang. Tapi ketika dia masuk dalam tenggorokan itu bisa dihilangkan dengan air hangat, dan air jeruk, minum air jahe atau minum sarabba dalam jangka waktu tiga hari” Kedepan

Penulis : Asruddin Azis