oleh

Calon Gubernur Lain Sibuk Kejar Partai, GubernurKu IAS Garap Luwu Raya

-Politik-783 Dilihat

Gemanews.id-Luwu-Kandidat bakal calon gubernur Sulsel, Dr Ilham Arief Sirajuddin (IAS) menegaskan impiannya agar kelak Bandara Lagaligo Palopo, bisa didarati tipe pesawat Boeing.

“Insya Allah, ini bagian dari program prioritas yang harus dilaksanakan oleh siapapun yang dipercaya memimpin Sulsel ke depan. Ini adalah impian saya jika dipercaya oleh masyarakat Sulsel di pilgub mendatang,” terang sosok yang dikenal luas dengan tagline GubernurKu itu, sesaat setelah mendarat di Bandara Lagaligo, Jumat, 31 Mei 2024.

IAS memastikan, potensi Bandara Lagaligo bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi empat kab kota di wilayah Luwu Raya begitu besar. Bahkan bisa berimbas hingga wilayah Tator dan Toraja Utara.

“Kalau berhasil kita wujudkan Boeing 737 bisa beroperasi, itu bisa menjadi rute opsional untuk wisatawan yang mau ke Toraja,” sambungnya lagi.

Sejak tahun 2018 lalu, bandara kebanggaan masyarakat Luwu ini sempat didengungkan segera diperluas. Menteri Perhubungan Budi Karya ketika itu memastikan Runway akan diperpanjang agar Boeing 737 bisa mendarat. Sayangnya, hingga hari ini gagasan itu belum berbuah.

“Urusan begini memang harus dikeroyok dan dikawal serius agar bisa terwujud. Ini sangat dibutuhkan masyarakat Luwu dan Toraja soalnya. Insya Allah kami bisa wujudkan itu kelak. Apalagi, ada kabar pembebasan lahan untuk itu sedang digenjot,” tukas sosok yang dijuluki Bapak Pembangunan Kota Makassar itu.

Bandara Lagaligo saat ini hanya melayani maskapai Wings Air. Melayani rute Kabupaten Luwu ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, dan sebaliknya. Jenis pesawat ATR 72-600 melayani penerbangan setiap hari dengan movement (pergerakan) sebanyak 14 kali dalam satu minggu.

IAS kembali menggarap Luwu Raya selama dua hari. Mulai Jumat 31 Mei hingga Ahad 2 Juni 2024. Setelah tiba di Palopo pukul 09.30 Wita, wali kota Makassar 2004-2014 itu mengawali roadshow dengan ngopi bareng di Warkop Cappo, Palopo.

Di Warkop Cappo, IAS ngobrol santai dengan sejumlah pelanggan tetap warkop yang selalu ramai itu. Tampak hadir di antaranya Musakkir Syam, Haedar Jidar, Nur Kuddus, Sabar, Nirwan Hasibuan, Hasiruddin. Atos, dan Muhajir Ahmad, serta lainnya.

IAS dijadwalkan menggelar sejumlah pertemuan di Palopo, Luwu, Lutra, hingga Luwu Timur. Roadshow Luwu Raya dalam roadshow kali ini. IAS(**) mengunjungi tanah kelahiran istrinya, Aliyah Mustika Ilham di saat kandidat bakal calon gubernur Sulsel lain sedang sibuk berburu partai. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *